Postingan

SANGGUP MENGHADAPI TANTANGAN

Gambar
Kesanggupan menghadapi tantangan Sifat setiap orang tentu beragam atau bermacam-macam. Ada yang penakut, pesimis, optimis, kaku, banyak pertimbangan, tidak konsisten, kurang memiliki komitmen, dan bahkan ada yang lari tanggungjawab. Sifat-sifat tersebut tentu tergolong manusiawi. Meskipun begitu, sifat-sifat yang tidak terpuji di dalam diri setiap pekerja harus dihilangkan karena dapat menghambat perkembangan karier di masa depan. Jika anda memiliki sifat-sifat yang tidak terpuji sebagaimana disebutkan, mulai sekarang anda harus megubahnya secara perlahan demi meraih jejang karier yang lebih baik. Seorang pekerja yang memiliki mental juara tentu tidak membiarkan sifat tidak terpuji mengganggu perjalanan kariernya. Para pekerja keras yang bermental juara tidak hanya memikirkan kemenangan bagi dirinya sendiri. Mereka juga memikirkan keberhasilan besar yang dicanangkan oleh perusahaan tempat bekerja. Pekerja yang bermental juara akan mencurahkan segenap tenaga dan p

LANGKAH LANGKAH MENJADI PEKERJA PROFESIONAL

Gambar
Etos kerja tinggi masih belum cukup hanya dibentuk dengan beberapa pengetahuan yang telah disebutkan. Untuk menjadi seorang pekerja professional, anda masih perlu melakukan beberapa langkah nyata, seagaimana diuraikan dalam pembahasan berikut ini. Ulet dan bekerja keras Ulet adalah usaha yang pantang mudur. Seorang pekerja ulet tidak mudah menyerah, sekalipun apa yang diusahakannya mengalami kesulitan atau bahkan kegagalan. Keseriusan dalam menjalankan suatu pekerjaan apapun pada akhirnya akan menghasilkan keberhasilan, kedati sesekali dihiasi kegagalan terlebih dahulu. Seseorang yang memiliki keuletan di dalam jiwanya akan menganggap kegagalan sebagai kesuksesan yang tertunda. Keyakinan itu ditumbuhkan agar iya lebih semangat dalam mencapai keberhasilan dimasa mendatang melalui usaha yang lebih maksimal. Sebab, disadari atau tidak, seorang pekerja dituntut untuk memiliki keuletan didalam dirinya. Bahkan, sikap ulet merupakan bagian dari integritas seorang pekerja. Hal sepert

BAHLUL DAN ABU HANIFAH

Gambar
Suatu hari, Abu Hanifah (pendiri Mazhab Hanafi) mengajar di sebuah perguruan tinggi. Bahlul duduk di sebuah sudut ruangan, mendengarkan pelajaran Abu Hanifah. Ditengah-tengah pelajarannya, Abu Hanifah berkata, “Imam Ja’far Shadiq (salah satu Imam dalam Mazhab Ahlul Bait) mengatakan tiga hal yang aku tidak menyetujuinya ; Pertama, Imam berkata bahwa Iblis akan dihukum dalam a pi neraka. Karena Iblis terbuat dari api,  maka bagaimana mungkin api akan menyakitinya? Suatu benda tidak dapat tersakiti oleh benda yang sejenis. Kedua, beliau berkata bahwa kita tidak dapat melihat Allah (dengan mata fisik). Namun, suatu keberadaan pastilah dapat dilihat. Oleh karena itu, Allah dapat dilihat dengan mata kita. Ketiga, beliau berkata bahwa siapa pun yang berbuat maka dirinya sendiri yang akan bertanggung jawab, dan akan ditanya tentang hal itu. Tetapi hal ini tidak terbukti. Maksudnya, apa pun yang dilakukan oleh manusia adalah kehendak Allah dan manusia tidak dapat mengusahakan apa yang ia

MELAKUKAN AMAL SALEH

Gambar
BAHLUL DAN ABU HANIFAH Setiap Kitab Suci, ditujukan untuk manusia yang masih hidup, sehingga apa yang diperintahkan, dalam Kitab Suci harus bisa dilaksanakan oleh manusia ketika dia masih hidup di atas dunia. Berdasarkan  tiga pedoman tersebut, kita akan coba untuk membahas ayat-ayat yang menjelaskan metode untuk menemui dan melihat Allah.  Dalam s suratAl-kahfi 18 : 110 telah dijelaskan bahwa apabila seorang manusia ingin berjumpa dengan Allah selagi masih hidup di dunia, maka ia harus melakukan “amal shaleh”. Kata amal mempunyai arti : perbuatan, metode, cara atau laku, sedangkan kata shaleh mempunyai arti hubungan, sambungan atau antaran. Jadi pengertian amal shaleh adalah suatu perbuatan atau metode yang dapat mengantarkan atau menghubungkan kita kepada pengalaman bertemu dan melihat Allah. Berdasarkan surat Al An'am 6 : 94 Allah telah memberitahukan bahwa proses bertemunya seorang manusia dengan-Nya adalah seperti ketika manusia diciptakan pada awal mula kejadian

IMAN KEPADA KITAB KITAB ALLAH SWT

Gambar
MELAKUKAN AMAL SALEH Iman kepada kitab – kitab Allah SWT Kitabullah adalah kumpulan wahyu – wahyu Allah SWT yang mengandung petunjuk dan kebenaran. Kitab – kitab yang diterangkan dalam Al – Qur’an adalah : 1. Kitab Zabur diturunkan kepada Nabi Daud As, berisi do’a, dzikir, pengajaran dan hikmah (QS. Al-Isra’ (17):55) 2. Kiktab Taurat diturunkan kepada Nabi Musa As, berisi petunjuk dan cahaya kebenaran (QS. Al-Maidah (5):44) 3. Kitab Injil diturunkan kepada Nabi Isa As, berisi petunjuk dan penerangan (QS. Al-Maidah (5):46) 4. Kitab Al-Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw, berisi ajaran – ajaran Allah SWT untuk memberi petunjuk dan bimbingan yang benar kepada manusia sepanjang masa (QS. Fushsilat (41):41-42) Kedudukan Kitab - Kitab Allah SWT antara lain : 1. Sebagai pedoman manusia dalam hubungan dengan Allah SWT Manusia sebagai pengemban risalah, wajib beriman kepada kitab – kitab Allah SWT dan memahaminya, karena kitab suci Al –

ALAM PADA HAKEKATNYA GELAP

Gambar
POSTINGAN SKP :  IMAN KEPADA KITAB KITAB ALLAH HAKEKAT  Jika mau mencapai Hakekat perlu-lah mengamalkan wirid sebagai pembersih hati. Kemudian bersabar menanti sambil terus juga berwirid. Sekiranya Allah s.w.t kehendaki warid akan di-datangkan-Nya kepada hati yang asyik dengan wirid itu. Itulah ke-jaya-an yang besar yang bisa dicapai oleh seorang manusia semasa hidupnya di dunia ini. Alam ini pada hakekatnya adalah gelap. Alam menjadi terang karena ada kenyataan Allah s.w.t. Andaikan kita berdiri di atas puncak sebuah bukit pada waktu malam yang gelap gulita. Apa yang terlihat hanyalah kegelapan. Ketika siang tiba, matahari memancarkan sinarnya, terlihatlah tumbuh-tumbuhan dan hewan yang menghuni bukit itu. Kewujudan di atas bukit itu menjadi nyata karena diterangi oleh cahaya matahari. Cahaya menzahirkan kewujudan dan gelap yang membungkusnya. Jika kegelapan hanya sedikit maka kewujudan kelihatan samar. Sekiranya kegelapan itu tebal maka k

AKU ITULAH ZATULLAH

Gambar
ALAM PADA HAKEKATNYA GELAP Bismillahi rahmani rahim Ketahuilah olehmu wahai anak-anakku akan siapakah yang dinamakan AKU itu barulah engkau tahu dan mengenal akan hakikat sebenar Rahsia Ketuhananmu. Maka dengan ini ku lampirkan suatu keterangan buatmu dan ku bukakan tabir rahsia untukmu agar kau tahu dan mengerti apakah dan siapakah yang dimaksudkan kepada AKU. AKU. Adalah kalimah mufrad (satu) dan ia tidak mewakili mana-mana jenis sama dengan lelaki atau pun wanita dan ia melepasi anggapan itu. AKU adalah satu hal yang tidak ada padanya gambaran yang nyata kerana ia bersifat tidak nyata (nagetif), dan sesungguhnya AKU itu adalah satu rahsia yang di tajjallikan oleh Tuhan dan ia menjadi penyata bagi Zatullah. AKU adalah merupakan Sifat Ketuhanan yang terbit dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Padanya pula terdiri akan Sifat-Sifat Kebesaran Tuhan kerana ia (aku) itu adalah Benyata bagi Zat Tuhan atau dengan kata lain dia (aku) itulah Kenyataan Tuh

TUHAN DAPAT DITAMPUNG DIHATI MUKMIN

Gambar
POSTINGAN SKP :  AKU ITULAH ZATULLAH Para ‘urafa meyakini adanya kitab’azali yang terdapat dalam diri setiap orang. Kitab Agung tempat khazanah pengetahuan Tuhan, yaitu ; hati. Tuhan tidak akan pernah dapat ditampung bumi dan langit, tapi Tuhan dapat ditampung (baca ; hadir) pada hati mukmin. Dengan membersihkan hati (tazkiyyatun-nafs) dan mengkonsentrasikan hati serta mengarahkannya hanya kepada Allah, maka seseorang akan dapat mencapai derajat insan kamil. Dalam kitab sufi tidak terdapat tulisan dan kata ; Yang ada hanya hati putih bak salju. Karena tulisan dan kata hanyalah rerantingan. Sedang Wujud yang dirasa adalah akar. Dan tulisan dan kata hanyalah kekhayalan. Siang rasakanlah Ia yang lebih dekat dari urat leher. Dalam hati sufi tidak terdapat berbagai pengetahuan. Yang ada hanya lah Ia sendiri Q ur’an Suci mengatakan ; Beruntunglah mereka yang telah membersihkan dirinya (QS Asy-Syams 9).

AKAL BIASA DAN AKAL YANG DITERANGI OLEH NUR

Gambar
TUHAN DAPAT DITAMPUNG DIHATI MUKMIN Pengetahuan yang tidak dapat dijangkau oleh AKAL, masih mampu dijangkau oleh HATI. Hati yang suci bersih mengeluarkan cahaya-nya yang dinamakan NUR KALBU. Nur Kalbu menerangi akal, dengan cahaya Nur Kalbu ini, akal dapat menyambung kembali perjalanannya dari "stasiun satu ke stasiun berikutnya". Perjalanan akal yang diterangi oleh cahaya Nur Kalbu mampu menyingkap perkara-perkara yang gaib, dan kemudian beriman dari pada-nya walaupun BIASA-nya akal manusia umum me-nafikan-nya. Terdapat perbedaan yang mendasar antara akal BIASA dengan akal yang diterangi oleh Nur. Akal BIASA beriman kepada Allah s.w.t hanya berdasarkan dalil-dalil yang nyata dan logika saja, sedangkan akal yang beserta Nur mampu menyelami kedalaman atau kebalikan dari yang nyata yaitu perkara gaib, dan beriman kepada Allah s.w.t berdasarkan pengalaman tentang perkara-perkara gaib. Walaupun perkara gaib itu tidak dapat diterima oleh ak

KISAH WALI ALLAH YANG BERTEMU NABI KHIDZIR AS

Gambar
POSTINGAN SKP :  AKAL BIASA DAN AKAL DITERANGI NUR Kisah Wali Allah Yang Bertemu Nabi Khidzir as. KISAH 1 Diceritakan bahwa Syekh Bisyr pernah bertemu dengan Nabi Khidzir as. Beliau berkata kepada Nabi Khidzir “Wahai Nabi Khidzir, berdoalah kepada Allah untuk diriku !”. Nabi Khidzir pun berdoa “Semoga Allah memudahkanmu agar kamu selalu taat kepada-Nya”. Kemudian Syekh Bisyr berkata lagi “Tambahkanlah doamu untuku Wahai Nabi KLhidzir !”. Nabi Kh idzir pun berdoa “Semoga Allah menutupi taatmu kepada-Nya”. Makna dari doa Nabi Khidzir kedua adalah agar orang lain tidak mengetahui ketaatan Syekh Bisyr kepada Allah, hanya Allah saja yang tahu. KISAH 2 Ada salah satu dari beberapa ulama’ salaf yang sangat rindu ingin bertemu dengan Nabi Khidzir as. Ia pun selalu berdoa kepada Allah agar mempertemukannya dengan Nabi Khidzir sekali saja. Ia ingin Nabi Khidzir mengajarkan kepadanya tentang perkara yang sangat penting di dunia ini. Pada suatu ketika, Allah membuk

ASAL USUL MAKRIFAT

Gambar
KISAH WALI ALLAH YANG BERTEMU NABI ASAL USUL MAKRIFAT Rasulullah SAW mengajar kepada sahabatnya Saidina Ali Karamullah.Saidina Ali Karamullah mengajar kepada Imam Abu Hassan Basri.Imam Abu Hassan Basri mengajar kepada Habib An Najmi.Habib An Najmi mengajar kepada Daud Attaie.Daud Attaie mengajar kepada Maaruf Al Karhi.Maaruf Al Karhi mengajar kepada Sirris Sakatari.Sirris Sakatari mengajar kepada Daud Assakatar.Daud Assakatar meng ajar kepada Al Junidi. Maka Al Junaidi yang terkenal sebagai pengasas MAKRIFAT. Maka pancaran makrifat itu dari empat sumber iaitu: 1. Pancaran daripada sumber SULUK yang dinamakan Makrifat Musyahadah. 2. Pancaran daripada sumber KHALUAT yang dinamakan Makrifat Insaniah. 3. Pancaran daripada Inayah yang dinamakan ROHANI. 4. Pancaran daripada Pertapaan yang dinamakan JIRIM.Maka dari sumber amalan itulah terbit makrifat yang tinggi dan mempunyai rahsia yang sulit. Dengan berlindung kepada Allah Swt, Pencetusan Api M

HAKIKAT DIRI VERSI MANSUR AL HALLAJ

Gambar
ASAL USUL MAKRIFAT HAKEKAT DIRI (ILMU HAKIKI) Mansur Ajaran al-Hallaj yang terpenting  : adalah al-hulul, haqiqatul muhammadiyah, dan wahdatul adyan. Pemikiran orang terhadapnya bermacam-macam, ada yang bersimpati dan ada pula yang antipati. Yang jelas, al-Hallaj adalah sosok historis, benar-benar telah hidup dalam sejarah, dihukum mati pada tahun 922 M. dengan tudingan atas pernyataannya--seperti--“Ana al-Haqq”, kritiknya terhadap ibadah haji (tidak wajib), hubungannya yang erat dengan gerakan qaramithah, ditambah lagi dengan sikap para pengikutnya yang meyakini al-Hallaj mempunyai sifat ketuhanan.  Walaupun besar kemungkinan ada tendensi politis yang mengitarinya.  Hamka menyatakan bahwa: Intisari ajarannya telah dinyatakan, kadang-kadang berupa syair dan kadang-kadang berupa natsar (Prosa), dalam susunan kata-kata yang mendalam di sekeliling tiga perkara:  1. Hulul, yaitu ketuhanan (Lahut) menjelma ke dalam diri insan (nasut).  2. Al Haqiqatul Muhammadiyah, yaitu Nur Mu
SUARA KOTA PONTIANAK

ENTER YOUR EMAIL ADDRESS :

DELIVERED BY SUARA KOTA PONTIANAK ||| 🔔E-mail : ptmkspontianak@gmail.com

🚀POPULAR POST

UKRAINA

My blogs

TUHAN TIDAK BERZAT, BERSIFAT, BERASMA, DAN BERAF'AL.

CARA MEMBANGKITKAN NUR QALBU MELALUI ZIKIR NAFI DAN ISBAT BAGI FOMULA TASYAWUF

SEBASTOPOL

🔂 FOLLOWERS